Praktik Pembelajaran dengan menggunakan Aneka Model, Strategi dan Metode
Model-model Pembelajaran
- Model menggambarkan tingkat terluas dari praktek pendidikan dan berisikan orientasi filosofi pembelajaran.
- Model digunakan untuk menyeleksi dan menyusun strategi pengajaran, metode, keterampilan, dan aktivitas siswa untuk memberikan tekanan pada salah satu bagian pembelajaran (topik konten).
- Joyce dan Weil (1986) mengidentifikasi empat model yakni (a) model proses informasi, (b) model personal, (c) model interaksi sosial, dan (d) model behavior.
Strategi Pembelajaran
- Dalam setiap model terdapat beberapa strategi yang dapat digunakan.
- Menurut arti secara leksikal, strategi adalah rencana atau kebijakan yang
- dirancang untuk mencapai suatu tujuan.
- Dengan demikian strategi mengacu kepada pendekatan yang dapat dipakai oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran.
- Strategi dikelompokkan menjadi strategi langsung (direct), strategi tidak langsung (indirect), strategi interaktif (interactive), strategi melalui pengalaman (experiential), dan strategi mandiri (independent).
Metode-metode Pembelajaran
- Metode digunakan oleh guru untuk mengkreasi lingkungan belajar dan menkhususkan aktivitas di mana guru dan siswa terlibat selama proses pembelajaran berlangsung.
- Biasanya metode digunakan melalui salah satu strategi, tetapi juga tidak tertutup kemungkinan beberapa metode berada dalam strategi yang bervariasi, artinya penetapan metode dapat divariasikan melalui strategi yang berbeda tergantung pada tujuan yang akan dicapai dan konten proses yang akan dilakukan dalam kegiatan pembelajaran.
Keterampilan-keterampilan pembelajaran
- Keterampilan merupakan perilaku pembelajaran yang sangat spesifik.
- Di dalamnya terdapat teknik-teknik pembelajaran seperti teknik bertanya, diskusi, pembelajaran langsung, teknik menjelaskan dan mendemonstrasikan.
- Dalam keterampilan-keterampilan pembelajaran ini juga mencakup kegiatan perencanaan yang dikembangkan guru, struktur dan fokus pembelajaran, serta pengelolaan pembelajaran.
1. Metode Debat
2. Metode Role Playing
3. Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving)
4. Metode Ceramah
5. Metode Inkuiri
6. Metode Tanya jawab
7. Metode Demonstrasi
8. Metode Diskusi
9. Metode Simulasi
10. Metode Pemberian tugas
11. Metode Kerja kelompok
12. Metode Karya Wisata
13. Metode Penemuan
14. Metode Eksperimen
15. Metode Pembelajaran Unit
16. Metode Pembelajaran dengan Modul
17. Pembelajaran Kontekstual
18. Pembelajaran Tematik
19. Strategi Pembelajaran Ekspositorik
20. Strategi Pembelajaran Heuristik
21. Strategi Pembelajaran Deduktif
22. Strategi Pembelajaran Induktif
23. Strategi Pembelajaran Tertutup
24. Strategi Pembelajaran Terbuka
25. Strategi Pembelajaran Individual
26. Strategi Pembelajaran Kelompok Kecil
27. Strategi Pembelajaran Klasikal
28. Pembelajaran Berdasarkan Masalah
29. Cooperative Script
30. Picture and Picture
31. Numbered Heads Together
32. Kepala Bernomor Struktur
33. Artikulasi
34. Mind Mapping
35. Make a match (mencari pasangan)
36. Think Pair and Share
37. Talking Stick
38. Bertukar Pasangan
39. Snowball throwing
40. Student facilitator and explaining
41. Course Review Horay
42. Explisit instruction
43. Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
44. Inside – Outside Circle (Lingkaran Kecil – Lingkaran Besar)
45. Tebak Kata
46. Word Square
47. Scramble
48. Take and Give
49. Concept Sentence
50. Complete Sentence
51. Time Token
52. Keliling Kelompok
53. Tari Bambu
54. Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray)
55. Metode Investigasi Kelompok (Group Investigation)
56. Metode Jigsaw
57. Metode Team Games Tournament (TGT)
58. Model Student Teams Achievement Divisions (STAD)
59. Model Examples Non Examples
60. Model Lesson Study
Nuansa Tika by http://nuansatika.blogspot.com/ is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License.
Based on a work at nuansatika.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://nuansatika.blogspot.com/.
0 komentar:
Posting Komentar