Kepulauan Bangka Belitung , “Laskar Pelangi” Pulau Sumatera

Bangka-Belitung, merupakan provinsi pemekaran dari provinsi Sumatera Selatan, Negeri berjuluk “Pangkal Kemenangan” ini memiliki obyek wisata bersejarah, wisata pantai, wisata budaya serta wisata kuliner.

Tiba di Bandara Depati Amir kota Pangkal Pinang, kita dapat langsung menelusuri obyek-obyek wisata bersejarah di Provinsi Bangka Belitung, diantaranya wisma ranggam rumah pengasingan Bung Karno, Wisata pantai seperti pantai Tanjung pesona, dan wisata Budaya seperti Klenteng Dewi Laut.

Wisma Ranggam rumah pengasingan Bung Karno

Presiden Sukarno dan Mohammad Hatta, mantan presiden RI pertama dan wakilnya pernah diasingkan Belanda di Bukit Menumbing, Muntok, Pulau Bangka.

Rumah pembuangan ini bisa dicapai sekitar dua jam dari kota Pangkalpinang ke arah Kota Muntok kemudian naik ke pegunungan. Lokasi jalannya menanjak dan melewati hutan Bukit Menumbing. Jalan itu hanya cukup untuk satu mobil. Sehingga saat pemberhentian terakhir, wisatawan harus bergantian melewati jalan agar tidak berpapasan antara mobil berangkat dan pulang. Hal ini telah diatur petugas keamanan.

Pantai Tanjung Pesona


Pantai Tanjung Pesona ini terletak di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat. Berjarak 9 km dari kota Sungailiat kabupaten Bangka. Pantai ini berada di tengah tempat antara Pantai Teluk Uber dan Pantai Tikus

Pempek dan Otak-otak Bangka
Adalah dosa besar jika pergi ke Bangka tanpa mencicipi pempek dan otak-otak khas Bangka. Kota Pangkalpinang memang terkenal dengan pempek dan otak-otaknya yang berbeda dengan sajian yang ada di Palembang. Ah, ternyata bedanya justru di sausnya. Tidak ada saus cuka di Pempek Bangka. Tapi justru ada saus sambalnya. Ada tiga macam yang disajikan. Saus sambal asam, saus sambal biasa, dan saus sambal terasi dengan jeruk. Yang terakhir ini yang saya paling suka.

Bangka Belitung dapat ditempuh melalui perjalanan udara selama 1 jam 10 menit dari Jakarta. Tertarik datang ke kepulauan Bangka Belitung? Silahkan datang dan menikmatinya. (TK)


0 komentar:

Creative Commons License
Nuansa Tika by http://nuansatika.blogspot.com/ is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License.
Based on a work at nuansatika.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://nuansatika.blogspot.com/.
Kartika Widyaningsih
Nuansa Tika
PPPPTK Bisnis dan Pariwisata Jakarta
Depok, Jawa Barat
ID
kartika_wd@yahoo.com

Curahan Pikiran dan Hatiku

Komentar Terbaru

Silahkan tulis pesan anda disini!
Locations of visitors to this page
Powered By Blogger