Bahaya Merokok

betty boop blows kisses
I k l a n - iklan menggambarkan bahwa rokok, khususnya bagi kaum pria, melambangkan kejantanan dan sportivitas. Rokok menjadi gaya hidup dan citra diri seseorang yang sehat, sukses, dan dinamis. Dalam usahanya memperluas pasar bagi produknya, perusahaan rokok, bahkan menjadikan remaja sebagai target utama mereka. Mengingat kebiasaan merokok di masa remaja akan terbawa terus sampai kita dewasa, image yang terus-menerus ditanamkan di benak kita oleh para produsen rokok ini sudah saatnya kita cermati dan kaji ulang.
Kita tentunya sudah lama tahu bahwa merokok dapat mempertinggi risiko seseorang untuk terkena kanker paru-paru, serangan jantung, stroke, kanker mulut dan tenggorokan. Hal inilah yang membuat iklan rokok yang menggambarkan kemenangan para atlet lomba dayung, terasa menggelikan. Betapa tidak, untuk menjuarai olahraga apa pun (mungkin kecuali catur dan bridge) diperlukan kekuatan fisik, yang jelas tidak mungkin dimiliki oleh para perokok yang sering kehabisan napas.

Iklan rokok juga sering menampilkan pria yang macho atau jantan. Padahal, ternyata, penelitian menunjukkan sebaliknya. Karena mengandung mutagen dan karsinogen, rokok mempunyai dampak yang buruk terhadap kesehatan reproduksi pria. Selain mengurangi mutu sel sperma dan menurunkan kemampuannya untuk membuahi sel telur, rokok juga dapat merusak organ reproduksi pria seperti testis dan merusak spermatogenesis. Dari sini kita tentu bisa mempertanyakan kembali citra yang diiklankan oleh produsen rokok tadi. Di mana letak kejantanannya, kalau ternyata rokok menyebabkan pria sulit mendapatkan keturunan atau bahkan impoten?

Sementara itu, bahaya rokok bagi wanita sudah lama diketahui orang. Banyak sekali bukti yang menunjukkan bahwa merokok berbahaya bagi kesuburan wanita. Wanita perokok berisiko mengalami menopause (berhenti menstruasi) dini, dengan komplikasi berupa osteoporosis dan penyakit jantung. Selain itu, merokok bisa meningkatkan risiko infertilitas (ketidaksuburan), karena kerusakan serviks dan saluran indung telur, menyebabkan aborsi spontan dan bahkan mempersulit kemungkinan memperoleh anak melalui program bayi tabung.

Creative Commons License
Nuansa Tika by http://nuansatika.blogspot.com/ is licensed under a Creative Commons Attribution-Noncommercial-Share Alike 3.0 Unported License.
Based on a work at nuansatika.blogspot.com.
Permissions beyond the scope of this license may be available at http://nuansatika.blogspot.com/.
Kartika Widyaningsih
Nuansa Tika
PPPPTK Bisnis dan Pariwisata Jakarta
Depok, Jawa Barat
ID
kartika_wd@yahoo.com

Curahan Pikiran dan Hatiku

Komentar Terbaru

Silahkan tulis pesan anda disini!
Locations of visitors to this page
Powered By Blogger